Sabtu, 19 Oktober 2013

[Resume] PROFESIONALITAS GURU DALAM MANAGEMEN FUTURISTIK TEKNOLOGI PEMBELAJARAN



PROFESIONALITAS GURU DALAM MANAGEMEN FUTURISTIK
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Oleh:  
Muhammad Wahyu Fajar
S2 Managemen Pendidikan Islam

            Pada BAB XI buku berjudul Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan”, karya H. Rohmat, Ph.D, menjelaskan bahwa Pendidikan merupakan indikator Negara yang kuat dan bermutu, maka pendidikan harus medapat perhatian dari semua pihak. Menurut Imrofauzi (2008) secara umum  tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas pendidikan di Indonesia decade terakhir ini menurun bahkan mutu terkesan rendah. Rendahnya mutu pendidikan adalah tanggung jawab bersama, yaitu pengajar, pelajar, dan pemerintah. Padahal manivestasi kualitas pendidikan adalah manusia berprestasi tidak hanya di lingkungan local, tapi juga berprestasi antar Negara. Sehingga persaingan global harus menuntut kesiapan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di era modern. Di barat terkesan sebagai Negara maju karena selain Sumber Daya Manusia juga pengaruh kekuatan ilmu yang menjadikan kemajuan dari kualitas pendidikannya.
Probelmatika pendidikan di Indonesia sangat kompleks, maka diperlukan penanganan serius tentang mutu pendidikan seperti, persaingan global, pengangguran, kesejahteraan dan kualitas hidup serta penguasaan teknologi dalam pembelajaran. Teknologi pembelajaran hadir dalam setiap pelajaran untuk memberikan kemudahan bagi pelajar dalam menyajikan materi pelajaran agar tidak terkesan monoton dan murid menjadi lebih jelas dalam memahami konteks materi.
Dengan adanya teknologi pembelajaran, maka pengembangan kompetensi pembelajar dan pemantapan profesionalitas harus diperhatikan agar mampu membawa dan mengiringi teknologi pembelajaran dengan professional. Sehingga mutu pendidikan akan lebih baik.
Mengatasi Permasalahan mutu pendidikan yang kompleks, harus mengusai futuristik managemen teknologi yang tepat, yaitu dengan mengkaji hal – hal berikut:
1.      Pendidikan sepanjang hayat
Berdasarkan hadist Rosululloh SAW; “Tuntutlah ilmu sejak dalam buaian sapai masuk ke liang kubur” (Uthlubul ‘ilma minal mahdi ilallahdi), dan “Menuntut ilmu adalah wajb bagi setiap muslim laki – laki dan perempuan” (Tholabul ‘ilmi faridlotun ala kulli muslimin wa muslimatin).
 2.      Pendidikan bersifat hanif
Percaya pada Allah SWT sebagai nilai dasar dalam pengambangan sumber daya bagi manusia maka akan terdapat dalam masyarakat manusia suatu kehidupan yang hanif. memfungsikan hati untuk selalu cenderung kepada kebaikan.
3.      Pentingnya pembelajar
Pembelajar merupakan aspek penting dalam managemen futuristik teknologi pembelajaran, karena pembelajar adalah komponen dari proses pendidikan. Tanpa pembelajar, proses pendidikan dipastikan tidak berjalan.
4.      Mengenal kepribadian pebelajar
Pebelajar kadang pendiam di kelas, kadang juga ramai dikelas. Sehingga perlu mencermati pebelajar dari kedua sifat tersebut dan ketepatan waktu untuk menanamkan nilai – nilai pada pebelajar.
5.      Pembelajar sebagai profesi
Dalam UU No. 20 Th. 2003 Pasal 39 Ayat 2 telah dijelaskan bahwa pendidik atau pembelajar adalah profesi.
6.      Kompetensi pembelajar dalam jabatan
Pembelajar yang sedang melaksanakan tugas (On the job training) mengajar dan mendidik, baik pembelajar di lembaga pendidikan negeri maupun swasta. Kualifikasi dan kompetensi  pembelajar (Guru dan Dosen) terdapat dalam Bab IV Bagian Kesatu UU Nomor 14 Tahun 2005.
7.      Futuristik manajemen teknologi pembelajaran
Meningkatkan semangat belajar pebelajar secara efektif, efisien, dan menarik di dalam kelas.
8.      Profesionalisme pembelajar dalam futuristik manajemen teknologi pembelajaran
Memfasilitasi pembelajaran agar efektif, efisien dan menarik dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan, dan mengelola proses sumber – sumber teknologi  yang tepat.
            Dengan mengkaji dan menguasai 8 hal tersebut, profesionalisme akan terbangun dari hati nurani pembelajar. Pembelajar yang memiliki profesionalisme akan menghasilkan kualitas managemen futuristik yang bermutu dalam teknologi pembelajaran.

SUMBER

PILAR PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
H. Rohmat, Ph.D

Copyright @ H. Rohmat, Ph.D

Editor
Dra. Hj. Charisatuniswah, M. Pd.

Perancang Sampul:
Kotak Hitam Studio

Penata Aksara:
Irwan Supriyono

xii + 168 hal; 14 x 20 cm
Cetakan Pertama Nopember 2012

ISBN: 978-602-82531-2-3

Penerbit: Cipta Media Aksara (Anggota IKAPI)
Jln. Nologaten Gg. Temulawak 69 Yogyakarta 55281








LAMPIRAN

-          COVER
-          DAFTAR ISI
-          HALAMAN RESUME

0 komentar:

Posting Komentar