Minggu, 01 Mei 2016

Pancasila Sebagai Ideologi




MAKALAH PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI



Penyusun:
Ahmad Nasher


Editor:
Tim Makalah-makalah.com





KATA PENGANTAR

Assalamualaikum.Wr.Wb
Puji syukur saya (penyusun) panjatkan kepada Allah SWT, karena atas rahmat-Nya yang berlimpah, kami dapat menyusun makalah ini dengan baik sesuai dengan kemampuan kami. Tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada kami untuk menyelesaikan makalah ini. Untuk selanjutnya kami mengharapkan semoga makalah ini dapat menambah wawasan bagi kami sendiri dan juga mahasiswa yang sedang menempuh materi ini.
 Kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini jauh dari sempurna, untuk itu kami mengharapkan saran dan kritik agar makalah ini mendekati sempurna, kami sadar bahwa kesempurnaan hanya milik NYA.
Akhir kata, semoga makalah yang kami susun ini berguna bagi kita semua.
Amin-amin yarabbal ‘alamin.

Wassalamualaikum.Wr.Wb

Hormat kami,
Tim Makalah



BAB I
PENDAHULUAN


Kemajuan   alam  pikir  manusia   sebagai  individu   maupun   kelompok     telah melahirkan   persamaan   pemikiran   dan  pemahaman   ke  arah  perbaikan   nilai-nilai hidup manusia  itu sendiri. Paham yang mendasar  dan konseptual  mengenai  cita-cita hidup manusia  merupakan  hakikat  ideologi.    Dijadikannya   mariusia  bersuku-suku dan berbangsa-bangsa   di dunia  temyata  membawa  dampak  kepada  ideologi  yang berbeda-beda   sesuai   dengan  pemikiran,  budaya,  adat-istiadat   dan nilai-nilai  yang melekat dalam kehidupan  masyarakat  terse but.
Indonesia   terlahir  melalui  perjalanan   yang  sangat  panjang   mulai  dari  masa kerajaan   Kutai   sampai   masa   keemasan   kerajaan   Majapahit    serta   munculnya kerajaan-kerajaan    Islam.   Kemudian   mengalami   masa   penjajahan   Belanda   dan Jepang.  Kondisi  ini telah menimbulkan  semangat  berbangsa  yang satu, bertanah  air satu  dan  berbahasa     satu  yaitu  Indonesia.     Semangat  ini  akhimya   menjadi  latar belakang  para pemimpin  yang  mewakili  atas nama  bangsa  Indonesia  memandang pentingnya  dasar filsafat negara sebagai simbol nasionalisme.
Oleh  karena  itu secara  musyawarah   mufakat  berdasarkan   moral  yang  luhur, antara  lain dalam  sidang-sidang   BPUPKI  pertama,  Sidang  Panitia  Sembilan  yang kemudian  menghasilkan   Piagam  Jakarta  dan di dalamnya  memuat  Pancasila  untuk pertama   kali,   kemudian    dibahas   lagi   dalam   sidang   BPUPKI   kedua.   Setelah kemerdekaan   Indonesia  sebelum  sidang resmi PPKI Pancasila  sebagai  calon dasar filsafat negara  dibahas  serta disempumakan   kembali  dan akhimya  pada tanggal  18
Agustus  1945 disahkan  oleh PPKI sebagai dasar filsafat negara Republik  Indonesia. Kajian      pengetahuan     proses    terjadinya    Pancasila    dapat    ditinjau    dari   aspek kausalitasnya  dan tinjauan perspektifnya.   Dari aspek kausalitasnya  dapat dibedakan menjadi dua yaitu :  aspek asal mula langsung dan aspek asal mula tidak langsung.
1.    Asal Mula Langsung
a.  Asal   Mula   Bahan   atau   Kausa   Materialis    adalah   bahwa   Pancasila bersumber  dari nilai-nilai  adat istiadat, budaya dan nilai religius yang ada dalam kehidupan  sehari-hari masyarakat  Indonesia.
b.  Asal Mula Bentuk  atau Kausa Formalis  adalah kaitan  asal mula bentuk, rumusan  dan nama  Pancasila  sebagaimana  tertuang  dalam  pembukaan UUD 1945 yang merupakan  pemikiran  Ir. Soekamo,  Drs. Moh. Hatta dan


para anggota BPUPKI.

c.  Asal Mula Karya atau Kausa Efisien adalah penetapan  Pancasila  sebagai cal on dasar negara rnenjadi dasar negara yang sah oleh PPKI.
d.  Asal  Mula  Tujuan  atau  Kausa  Finalis  adalah  tujuan  yang  diinginkan BPUPKI,  PPKI terrnasuk  di dalarnnya  Ir. Soekarno  dan Drs. Moh. Hatta dari  rurnusan   Pancasila   sebelum  disahkan   oleh  PPKI  menjadi   Dasar Negara yang sah.


2.  Asal Mula Tak Langsung

Jauh sebelurn  proklamasi  kemerdekaan,   masyarakat  Indonesia  telah hidup dalam tatanan kehidupan  yang pen uh dengan :
a.  Nilai-nilai    Ketuhanan,    Nilai   Kemanusiaan,     Nilai   Persatuan,    Nilai
Kerakyatan  dan Nilai Keadilan.

b.  Nilai-nilai  tersebut  merupakan  nilai-nilai  yang  mernaknai  adat istiadat, kebudayaan      serta  nilai  religius   dalarn  kehidupan   sehari-hari   bangsa Indonesia.
c.  Oleh karena  itu secara tidak langsung  Pancasila  rnerupakan  penjelrnaan atau   perwujudan    Bangsa   Indonesia    itu   sendiri    karena    apa   yang terkandung     dalam   Pancasila   merupakan   kepribadian    dan  pandangan hidup bangsa  Indonesia  seperti yang dilukiskan  oleh Ir. Soekamo  dalam tulisannya  "Pancasila  adalah  lima rnutiara  galian  dari ribuan  tahun  sap- sapnya sejarah bangsa sendiri".


3.  Bangsa Indonesia  Ber-Pancasila  dalam Tri Prakara

Dengan  nilai adat-istiadat,   nilai budaya dan nilai religius  yang  telah digali dan  diwujudkan   dalarn  rumusan  Pancasila  yang  kemudian   disahkan  sebagai dasar negara  tersebut  pada hakikatnya  telah menjadikan  bangsa  Indonesia  ber- Pancasila  dalarn tiga prakara atau tiga asas :
a.  Asas Kebudayaan

Secara yuridis  Pancasila  telah dimiliki  oleh bangsa  Indonesia  dalam hal adat- istiadat dan kebudayaan.
b.  Asas Religius

Toleransi  beragarna  yang  didasarkan  pada  nilai-nilai   religius  telah rnengakar kuat dalarn  kehidupan   sehari-hari  rnasyarakat  Indonesia.


c.  Asas Kenegaraan

Karena  Pancasila  merupakan  jati  diri bangsa  dan disahkan  menjadi dasar negara maka secara langsung Pancasila  sebagai asas kenegaraan.

Sehingga dalam pembuatan makalah ini kami mengangkat beberapa rumusan masalah diantaranya:
A. Apa Definisi / Pengertian Pancasila?
B. Bagaimana bentuk Pancasila sebagai Ideologi?
C. Apa berbedaan Ideologi pancasila dengan ideologi lain?


Tujuan penelitian
Dari rumusan masalah diatas kami memiliki beberapa tujuan diantaranya sebagai berikut:
A. Mengetahui Definisi / Pengertian Pancasila;
B. Mengetahui bentuk Pancasila sebagai Ideologi;
C. Mengetahui berbedaan Ideologi pancasila dengan ideologi lain.





BAB II
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI



A.    Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Pancasila  adalah  lima nilai dasar luhur yang  ada dan berkembang   bersama bangsa  Indonesia   sekaligus  penggerak  perjuangan   bangsa  pada  masa kolonialisme.  Hal ini sekaligus  menjadi wama dan sikap serta pandangan  hidup bangsa   Indonesia    hingga   secara   formal   pada   tanggal    18  Agustus    1945 sebagaimana   tertuang  dalam  Pembukaan  UUD  1945 disahkan  menjadi  Dasar Negara  Republik  Indonesia.
1.        Pancasila  Sebagai Pandangan  Hid up Bangsa
Pandangan    hidup   terdiri   atas   kesatuan    rangkaian    nilai-nilai    luhur merupakan  suatu wawasan  yang menyeluruh  terhadap  kehidupan  itu sendiri.
Pandangan  hidup ini berfungsi  sebagai :

a.  Kerangka  acuan baik untuk menata kehidupan  diri pribadi maupun  dalam interaksi  an tar manusia  dalam masyarakat  serta alam sekitamya.
b.  Penuntun    dan  penunjuk   arah   bagi  bangsa   Indonesia    dalam   semua kegiatan  dan aktivitas hidup serta kehidupan  di segala bi dang.
Oleh karena itu dalam menempatkan  Pancasila  sebagai pandangan  hidupnya maka      masyarakat    Indonesia   yang   ber-Pancasila    selalu   mengembangkan potensi  kemanusiaannya   sebagai  makhluk  individu  dan makhluk  sosial dalam rangka mewujudkan   kehidupan  bersama  menuju  satu pandangan  hidup bangsa dan satu pandangan  hidup Negara yaitu Pancasila.


2.   Pancasila  Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Pancasila  sebagai  dasar negara memberikan  arti bahwa  segala sesuatu yang berhubungan   dengan   kehidupan   ketatanegaraan      Republik   Indonesia   harus berdasarkan   Pancasila.   Juga  berarti  bahwa  semua  peraturan   yang  berlaku  di negara  Republik  Indonesia  harus  bersumber  pada Pancasila.  atau dengan  kata lain, Pancasila  adalah sumber dari segala sumber hukum.  Oleh karena itu semua tindakan   kekuasaan    atau   kekuatan    dalam   masyarakat    harus   berdasarkan peraturan  hukum.  Selanjutnya,    hukum pulalah  yang berlaku  sebagai  norma di dalam  Negara,   sehingga   negara   Indonesia   harus  dibangun   menjadi   sebuah negara hukum.


Sebagai   sumber   dari  segala  sumber  hukum   atau  sebagai   sumber  tertib hukum  maka  Pancasila  tercantum  dalam ketentuan  tertinggi  yaitu Pembukaan UUD 1945, kemudian  dijabarkan  lebih lanjut dalam pokok-pokok  pikiran yang meliputi suasana kebatinan  dari UUD 1945, serta hukum positip lainnya.
Kedudukan  Pancasila  sebagai dasar negara dapat dirinci sebagai berikut :

a Pancasila   sebagai   dasar   negara   adalah   merupakan    sumber   dari  segala sumber hukum (sumber tertib hukum) Indonesia.
b.  Pancasila  merupakan  asas kerohanian  tertib hukum  Indonesia  yang  dalam
Pembukaan  UUD 1945 dijabarkan  dalam empat pokok pikiran.

c.   Mewujudkan   cita-cita  hukum  bagi hukum  dasar negara  baik hukum  dasar tertulis maupun tidak tertulis.
d.  Pancasila  mengandung  norma yang mengharuskan  UUD  1945 mengandung isi  yang   mewajibkan    pemerintah    dan   lain-lain   penyelenggara    negara termasuk  para  penyelenggara   partai  dan  golongari  fungsional   memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur.
e Pancasila   merupakan   sumber  semangat  bagi  UUD   1945,  Penyelenggara Negara,  Pelaksana  Pemerintah  termasuk penyelenggara  partai dan golongan fungsional.


3.  Pancasila  Sebagai ldeologi  Bangsa dan Negara Indonesia

A. Pengertian  ldeologi
Berdasarkan   etimologinya,  ideologi  berasal  dari  bahasa  Yunani  yang terdiri  dari dua kata yaitu idea berarti  raut muka,  perawakan,   gagasan  dan buah  pikiran  dan  logia  berarti  ajaran.  Dengan  demikiah   ideologi  adalah ajaran atau ilmu tentang gagasan dan buah pikiran atau science des ideas.
Pengertian  ldeologi  secara umum  adalah  suatu kumpulan  gagasan,  ide, keyakinan   serta  kepercayaan   yang  bersifat  sistematis  yang  mengarahkan tingkah laku seseorang  dalam berbagai bidang kehidupan  seperti:
1.   Bidang politik, termasuk bidang hukum, pertahanan  dan keamanaan.

2.  Bidang sosial

3.   Bidangkebudayaan

4.  Bidangkeagamaan

Maka  ideologi  negara  dalam  arti  cita-cita  negara  atau  cita-cita  yang menjadi  basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan  untuk seluruh rakyat


dan bangsa yang bersangkutan  pada hakekatnya  merupakan  asas kerohanian yang antara lain memiliki  ciri-ciri sebagai berikut:
a.  Mempunyai   derajat  yang  tinggi  sebagai  nilai  hidup  kebangsaan   dan kenegaraan
b.  Oleh karena  itu mewujudkan  suatu asas kerohaniaan,  pandangan  dunia, pandangan      hidup,  pedoman   hidup,  pegangan   hidup  yang  dipelihara, dikembangkan,   diamalkan,   dilestarisakan   kepada  generasi  berikutnya, diperjuangkan  dan dipertahankan  dengan kesediaan  berkorban.

B.   ldeologi  Terbuka dan Ideologi Tertutup

Terbuka                                               Tertutup
~ p
- Nilai-nilai  dan cita-cita digali  -  Nilai-nilai dan cita-cita dihasilkan dari kekayaan adat istiadat,         dari pemikiran individu atau
Ciri khas         budaya dan religius masya-         kelompok yang berkuasa dan rakatnya.     masyarakat berkorban demi
- Menerima reformasi                     ideologinya.
- Menolak reformasi
Hubungan     -  Penguasa bertanggung jawab   - Masyarakat  harus taat kepada
Rakyat           pada masyarakat sebagai             ideologi elite penguasa. dan Penguasa      pengemban amanah rakyat       - Totaliter

C.  Ideologi Partikular dan ldeologi Komprehensif
Menurut Karl Manheim yang beraliran Mark secara sosiologis ideologi dibedakan menjadi dua yaitu ideologi yang bersifat partikular dan ideologi yang bersifat komprehensif.

Partikular                                         Komprehensif
~  p
- Nilai-nilai  dan Cita-cita            - Mengakomodasi  nilai-nilai dan cita- merupakan suatu keyakinan-       cita yang bersifat menyeluruh tanpa
Ciri khas         keyakinan yang tersusun              berpihak pada golongan tertentu atau secara sistematis dan terkait        melakukan transformasi  sosial
erat dengan kepentingan             ·         secara besar-besaran  menuju bentuk kelas sosial tertentu.                     tertentu.

Hubungan     -  Negara Komunis membela       - Negara mengakomodasi  berbagai
Rakyat           kaum proletar.                               idealisme yang berkembang dalam dan Penguasa  -  Negara liberal membela               masyarakat yang bersifat majemuk
kebebasan individu.                     seperti Indonesia dengan ldeologi
Pancasila.


Menurut  Alfian  kekuatan  ideologi  tergantung   pada  kualitas  tiga  dimensi yang ada pada ideologi terse but yaitu:

•    Dimensi realita,yaitu  bahwa nilai-nilai dasar yang terkandung di dalam ideologi tersebut secara riil hidup di dalam serta bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah masyarakat atau bangsanya.

•    Dimensi  idealisme,  yaitu  bahwa  nilai-nilai  dasar  ideologi  tersebut mengandung idealisme yang memberi harapan tentang masa depan yang lebih baik melalui pengalaman dalam praktik kehidupan bersama sehari- hari.

•    Dimensi  fleksibilitas/dimensi  pengembangan,  yaitu  ideologi  tersebut memiliki keluwesan yang memungkinkan kepada generasi penerus bangsa, diperjuangkan dan dipertahankan dengan semangat nasionalisme.
Dalam  proses  Reformasi,  MPR  melalui  sidang  istimewa  tahun  1998,
kembali menegaskan kedudukan Pancasila sebagai dasar Negara  Republik Indonesia yang tertuang dalam TAP MPR No.  XVIII/MPR/1998. Oleh karena itu segala agenda dalam proses reformasi, yang meliputi rakyat (sila keempat) juga hams mendasarkan pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Reformasi tidak mungkin menyimpang dari nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan
Pancasila sebagai suatu ideologi tidak bersifat kaku dan tertutup, namun bersifat reformatif, dinamis dan terbuka. Hal ini dimaksudkan bahwa ideologi Pancasila adalah bersifat aktual, dinamis, antisipatif dan senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika perkembangan aspirasi masyarakat. Keterbukaan ideologi Pancasila bukan berarti mengubah nilai-nilai dasar yang terkandung di dalamnya, namun mengeksplisitkan wawasannya secara lebih konkrit, sehingga memiliki kemampuan yang reformatif untuk memecahkan rnasalah- masalah aktual yang selalu berkembang.

B PerbandinganIdeologi Pancasila Dengan ldeologi Lain
Ideologi erat sekali hubungannya dengan filsafat. Karena filsafat merupakan dasar dari gagasan yang berupa ideologi. Filsafat memberikan dasar renungan atas ideologi itu sehingga dapat dijelmakan menjadi  suatu gagasan untuk pedoman  bertindak.  Dari  sudut etimologinya, filsafat  berasal  dari  bahasa Yunani yang terdiri dua buah kata, yaitu filos berarti cinta dan sophia berarti kebenaran atau kebijaksanaan. Jadi filsafat berarti cinta akan kebenaran atau


kebijaksanaan.   Arti  kata  inilah  yang  kemudian  dirangkumkan   menjadi  suatu makna  bahwa  filsafat  adalah  suatu  renungan  atau  pemikiran   yang  sedalam- dalamnya  untuk mencari kebenaran.
Karena   filsafat   itu  tersusun   dalam   suatu   keseluruhan,    kebulatan   dan sistematis,    maka   pemikiran    filsafat   harus   berdasarkan    kejujuran    dalam penemuan   hakikat dari suatu obyek yang menjadi titik sentral pemikiran.
Di sini jelas  bahwa  hubungan  ideologi  dan  filsafat  itu  sukar  dipisahkan. Ideologi   berdiri   berdasarkan   landasan   tertentu   yaitu   filsafat.   Dan  masalah ideologi  adalah masalah  pilihan.  Ketepatannya  tergantung  kepada jiwa  bangsa itu sendiri.  Ideologi  yang  dianggapnya   benar  dan sesuai  dengan jiwa  bangsa, apa lagi yang telah terbukti  tetap dapat bertahan  dari segala godaan dan cobaan dari   ideologi    lain   melalui    gerakan-gerakan     atau   pemberontakan     akan memperkuat  keyakinan  pentingnya  mempertahankan   ideologi.
Kemudian    permasalahannya    adalah bagaimana   implementasi    ideologi tersebut   dalam   kehidupan   berbangsa   dan  bemegara.   Dalam   kerangka   ini, ideologi itu tidak saja sesuai dengan filsafat yang mendasarinya, tetapi juga harus sesuai dengan kepribadiaannya. Individu atau masyarakat akan selalu mengukur sesuatu dari kepribadiannya sebab eksistensi dirinya adalah eksistensi pribadinya.


ldeologi Pancasila
ldeologi Pancasila mendasarkan pada hakikat sifat kodrat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Oleh karena itu dalam ideologi Pancasila mengakui  atas kebebasan hak-hak masyarakat. Selain  itu  bahwa manusia menurut  Pancasila  memiliki kodrat sebagai makhluk  pribadi  dan  sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa. Sehingga nilai-nilai Ketuhanan senantiasa menjiwai kehidupan manusia dalam hidup negara dan masyarakat. Kebebasan manusia dalam rangka demokrasi tidak melampaui hakikat nilai-nilai Ketuhanan,  bahkan  nilai  Ketuhanan terjelma  dalam  bentuk  moral  dalam ekspresi kebebasan manusia.
Berdasarkan sifatnya ideologi Pancasila bersifat terbuka yang· berarti senantiasa mengantisipasi perkembangan aspirasi rakyat sebagai pendukung ideologi serta menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Ideologi Pancasila senantiasa merupakan wahana bagi tercapainya tujuan bangsa.


Negara  Pancasila

Manusia  dalarn rnerealisasikan   dan rneningkatkan   harkat  dan rnartabatnya tidak  rnungkin  dapat  rnernenuhinya   sendiri,  oleh  karena  itu rnanusia  sebagai rnakhluk sosial senantiasa rnembutuhkan  orang lain dalam hidupnya.  Dalam pengertian   inilah  manusia  membentuk   suatu  persekutuan   hidup  yang  disebut negara.  Narnun  demikian  dalam  kenyataannya   sifat-sifat  negara  satu  dengan lainnya  merniliki  perbedaan   dan  hal  ini  sangat  ditentukan   oleh  pemahaman ontologis  hakikat  rnanusia  sebagai pendukung  pokok negara,  sekaligus  sebagai tujuan adanya suatu negara.
Bangsa   Indonesia   dalarn  panggung   sejarah   berdirinya    negara   di  dunia memiliki   suatu  ciri    khas  yaitu   dengan  mengangkat    nilai-nilai   yang  telah dimilikinya   sebelurn   membentuk   suatu  negara   modern.   Nilai-nilai   tersebut adalah  berupa   nilai-nilai   adat-istiadat   kebudayaan,    serta  nilai  religius   yang kemudian  dikristalisasikan   menjadi  suatu sistern nilai yang  disebut  Pancasila. Dalam  upayanya   untuk  rnernbentuk   suatu  persekutuan   hidup  yang  disebut negara, maka bangsa  Indonesia  mendasarkan  pada suatu pandangan  hidup yang telah dimilikinya  yaitu Pancasila.
Berdasarkan  ciri khas serta proses   dalam rangka  membentuk   suatu negara, maka   bangsa    Indonesia    mendirikan    suatu   negara    yang   merniliki    suatu karakteristik,   ciri khas  dengan  keanekaragaman,    sifat  dan  karakternya,   maka  · bangsa    Indonesia    mendirikan     suatu   negara    yang    mendasarkan     filsafat Pancasila,  yaitu  suatu  negara  persatuan,   suatu  negara  kebangsaan   serta  suatu negara  yang  bersifat  Integralistik.   Hakikat  serta  pengertian   sifat-sifat  negara terse but adalah sebagai berikut :


1.    Paharn Negara  Persatuan

Hamparan   pulau   yang   tersebar   dari   Sabang   hingga   Merauke,    dengan kekayaan adat istiadat, bahasa, budaya dan nilai religiusnya  namun secara keseluruhan  merupakan   satu kesatuan,  rnaka Negara  Indonesia  adalah  Negara Persatuan    sebagaimana    termuat    dalam   Pembukaan    UUD    1945,   Negara Persatuan  Republik  yang berkedaulatan  rakyat.
Aliran  Persatuan  Indonesia  mernpunyai  pengertian  negara  yang  mengatasi segala  paham   golongan   dan  paham  perseorangan.   Jadi  pemahaman   Negara Persatuan  dapat dirinci sebagai berikut :
a.   Bukan  negara  yang  berdasarkan  individualisme   sebagaimana   diterapkan  di negara liberal dimana negara hanya merupakan  suatu ikatan individu  saja.


b.  Bukan   negara   yang   berdasarkan    kelas   atau   klass   staat      yang   hanya mendasarkan  pada satu golongaii saja.
c.  Negara  persatuan   adalah  negara  yang  melindungi   seluruh  warganya  yang terdiri  atas  berbagai   macam  golongan   dan  paham  yang  berbeda-beda   di dalamnya,   namun  walaupun   berbeda-beda   tetapi  tetap  satu    sebagaimana disimpulkan  dalam  PP. No.  66 tahun  1951  dan  diundangkan   tanggal  28
Nopember   1951 dan termuat  dalam   Lembaran  Negara  No. II Tahun  1951
yaitu  dengan  lambang  negara  dan  bangsa  yaitu  Burung  Garuda  Pancasila dengan seloka Bhinneka  Tunggal Ika.
Hakikat bhinneka  tunggal ika menurut N otonegoro:
Perbedaan   itu adalah  merupakan  suatu bawaan  kodrat  manusia  sebagai makhluk  Tuhan yang Maha Esa, namun perbedaan  itu bukannya  untuk dipertentangkan   dan diperuncingkan  melainkan  perbedaan  itu untuk dipersatukan    disintesakan   dalam  suatu  sintesa  yang  positif  dalam  suatu negara kebersamaan,  Negara Persatuan  Indonesia.


2.  Paham Negara  Kebangsaan

Menurut  Muhammad  Yamin bangsa Indonesia  dalam merintis  terbentuknya suatu  bangsa  dalam  politik  Internasional   adalah  menempatkan    diri  sebagai bangsa   yang   modern   yang  memiliki   kemerdekaan    dan  kebebasan   dengan melalui tiga fase yaitu :
a.   Jamankerajaan   Sriwijaya

b.    Jaman negara kebangsaan  Majapahit

c Negara   kebangsaan    Indonesia   modern   menurut   susunan   kekeluargaan berdasar  atas  Ketuhanan  Yang Maha  Esa  serta Kemanusiaan   yang  hingga sekarang menjadi  negara proklamasi  17 Agustus  1945.
Manusia  membentuk   suatu bangsa  karena  untuk memenuhi  hak kodratnya yaitu  sebagai  individu  dan  makhluk  sosial,  oleh  karena  itu deklarasi  Bangsa Indonesia   tidak   mendasarkan    pada  deklarasi   kemerdekaan    individu   tetapi sebuah   deklarasi   yang   menyatakan    tuntutan   hak  kodrat   manusia   sebagai makhluk  individu dan makhluk sosial.
Dalam  tumbuh  dan  kembangnya   suatu  bangsa  terdapat   berbagai   macam teori   besar   yang   merupakan    bahan   komparasi    bagi   para   pendiri   Negara Indonesia  untuk  mewujudkan   suatu bangsa  yang  memiliki   sifat  dan karakter tersendiri.  Teori kebangsaan  itu adalah sebagai berikut:


a.   Teori Hans Kohn
Bangsa    terbentuk    karena   persamaan    bahasa,    ras,   agama,    peradaban, wilayah,  negara  dan kewarganegaraan.   Suatu bangsa  tumbuh  dan berkembang dari anasir-anasir  serta akar-akar yang terbentuk  melalui proses  sejarah. Namun teori kebangsaan  yang didasarkan  pada ras, bahasa serta unsur lain yang bersifat primordial  tidak mendapatkan  tempat di kalangan  bangsa-bangsa   di dunia.
b.   Teori Kebangsaan  Ernest Renan
Menurut  Renan  dalam kajian  ilmiah tentang  bangsa  berdasarkan  psikologis etnis  pokok-pokok  pikiran tentang bangsa adalah sebagai berikut:
1.        Bangsa adalah suatu jiwa, suatu azas kerohanian.

2.   Bangsa adalah suatu solidaritas  yang besar.

3.  Bangsa adalah suatu hasil sej arah.

Oleh  karena   sejarah   berkembang   terns  maka  kemudian   men~t      Renan bahwa  Bangsa  bukan  sesuatu  yang  abadi  dan  wilayah  serta  ras bukan  suatu penyebab  timbulnya  bangsa.  Wilayah  hanya memberikan   ruang hidup  bangsa, sedangkanmanusiamembentukjiwanya.
Pada akhirnya  Renan menyimpulkan  bahwa Bangsa adalah suatujiwa,  suatu asas kerohanian  dan menurut  Renan ada beberapa  faktor yang membentukjiwa bangsa  yaitu   :     Kejayaan   dan  kemuliaan   di masa  lampau   serta  penderitaan- penderitaan     bersama    yang    mengakibatkan     pembentukan     modal    sosial, persetujuan    bersama   untuk   hidup   bersama   dan  berani   untuk   memberikan pengorbanan.
c.   Teori Geopolitik  oleh Frederich  Ratzel

Suatu  teori  kebangsaan   yang  menghubungkan    antara   wilayah   geografi dengan bangsa  yang dikembangkan   oleh Frederich  Ratzel.  Menurutnya  negara merupakan  suatu organisme  yang hidup. Agar bangsa  itu hidup  subur dan kuat maka    memerlukan      suatu    ruangan    untuk    hidup.    Negara-negara      besar menurutnya  memiliki  semangat  ekspansi, militerisme  serta optimisme.  Teori ini di Jerman  mendapat   sambutan   hangat,  namun  sisi  negatifnya   menimbulkan semangat  kebangsaan  yang chauvinistis.
d.   NegaraKebangsaanPancasila
Kebhinekaan   adat-istiadat,   budaya,  bahasa  dan  nilai  religius   merupakan kekayaan  yang  dimiliki  bangsa  Indonesia,  namun  hal itu tidak mengakibatkan suatu   perbedaan    yang   harus   dipertentangkan,    Akan   tetapi   keadaan   yang beraneka  ragam  ini merupakan   suatu  daya  penarik  ke  arah  suatu  kerjasama


persatuan    dan   kesatuan    dalam    suatu    sintesa    dan   resultan,     sehingga keanekaragaman  itu justru terwujud dalam suatu kerjasama  yang luhur.
Sintesa persatuan  dan kesatuan  tersebut kemudian  dituangkan  dalam suatu asas kerohanian  yang  merupakan  suatu kepribadian   serta jiwa  bersama  yaitu Pancasila.    Oleh   karena   itu  prinsip-prinsip    nasionalisme    Indonesia   yang berdasarkan    Pancasila    adalah   bersifat   Majemuk   Tunggal.   Adapun   yang membentuk  nasionalisme   bangsa  Indonesia  adalah  sebagai  berikut   kesatuan sejarah,  kesatuan  nasib, kesatuan  kebudayaan,  kesatuan  wilayah  dan kesatuan asas kerohanian.


3.  Paham Negara Integralistik

Melalui sidang BPUPKI tanggal 31 Mei 1945, Supomo mengusulkan  paham Integralistik  yang menurutnya  paham ini berakar pada keanekaragaman   budaya bangsa namun hal itujustru  mempersatukan  dalam suatu kesatuan  integral yang disebut Negara Indonesia.
Paham   integralistik   yang  terkandung   dalam  Pancasila   meletakkan   asas kebersamaan  hidup, mendambakan  keselarasan  dalam hubungan  antar individu maupun  masyarakat.   Dalam  pengertian   ini paham  negara  integralistik   tidak memihak kepada yang kuat, tidak mengenal  dominasi  mayoritas  danjuga  tidak mengenal  tirani  minoritas.   Maka  di  dalamnya  terkandung  nilai kebersamaan, kekeluargaan,  ke "binneka  tunggal  ika" an, nilai religiusitas  serta selaras.  Bila dirinci maka paham Negara Integralistik  memiliki pandangan  sebagai berikut:
a.  Negara merupakan  suatu susunan masyarakat  yang integral.

b.   Semua  golongan,  bagian  dan  anggotanya   berhubungan   erat  satu  dengan lainnya.
c.   Semua golongan,  bagian dan anggotanya  merupakan  persatuan  masyarakat yang organis.
d.  Yang  terpenting   dalam  kehidupan   bersama  adalah  perhimpunan   bangsa seluruhnya.
e.  Negara tidak memihak kepada sesuatu golongan atau perseorangan. f.           Negara tidak menganggap  kepentingan  seseorang sebagai pusat.
g.  Negara  tidak hanya untuk menjamin  kepentingan  seseorang  atau golongan saja,

h.  Negara    menjamin    kepentingan    masyarakat-   seluruhnya    sebagai   suatu kesatuan integral.


i.       Negara menjamin keselamatan hidup bangsa seluruhnya sebagai suatu kesatuan yang tak dapat dipisahkan.


4.  Negara Pancasila adalah Negara Kebangsaan yang Berketuhanan Yang
MahaEsa
Sesuai dengan  makna hegara  kebangsaan Indonesia yang  berdasarkan Pancasila adalah kesatuan integral dalam kehidupan bangsa dan negara, maka memiliki sifat kebersamaan, kekeluargaan serta religiusitas. Dalam pengertian inilah maka Negara Pancasila pada hakikatnya adalah negara kebangsaan yang Berketuhanan YangMaha Esa.
Rumusan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD  1945, telah memberikan sifat yang khas kepada Negara Kebangsaan Indonesia, yaitu bukan merupakan negara sekuler yang memisahkan antara agama dengan negara demikian juga  bukan merupakan negara agama yaitu negara yang mendasarkan atas agama tertentu.
Negara tidak memaksa dan tidak memaksakan agama karena agama adalah merupakan suatu keyakinan batin yang tercermin dalam hati sanubari dan tidak dapat dipaksakan. Kebebasan beragama dan kebebasan agama adalah merupakan hak asasi manusia yang paling mutlak, karena langsung bersumber pada martabat manusia yang  berkedudukan sebagai makhluk  pribadi dan makhluk  ciptaan  Tuhan Yang Maha  Esa.  Oleh  karena  itu  agama  bukan pemberian negara atau golongan tetapi hak beragama dan kebebasan beragama merupakan pilihan pribadi manusia dan tanggungjawab pribadinya.
Hubungan negara dengan agama menurut Negara Pancasila adalah sebagai berikut:                                          '
a.  Negara adalah berdasar atas Ketuhanan YangMaha Esa.
b.  Bangsa Indonesia adalah sebagai bangsa yang Berketuhanan Yang Maha
Esa.
c.   Tidak  ada  tempat  bagi Atheisme  dan  Sekulerisme  karena  hakikatnya manusia berkedudukan kodrat sebagai makhluk Tuhan.
d.  Tidak ada tempat pertentangan agama, golongan agama, antar dan inter pemeluk agama serta antar pemeluk agama.
e.   Tidak ada tempat bagi pemaksaan agama karena ketaqwaan itu bukan hasil paksaan bagi siapapunjuga.
f.  Oleh karena itu hams memberikan toleransi terhadap orang lain dalam


menjalankan  agama dan negara.

g.   Segala aspek dalam pelaksanaan  dan penyelenggaraan   negara harus sesuai dengan nilai-nilai  Ketuhanan  Yang Maha Esa terutama norma-norma  hukum positif maupun norma moral baik moral negara maupun moral para penyelenggara  negara.
h.  Negara pada hakikatnya  adalah merupakan  " .....   berkat Rahmat Allah Yang
MahaEsa.

Menurut   paham  Theokrasi   hubungan   negara  dengan  agama  merupakan hubungan  yang tidak dapat dipisahkan  karena  negara  menyatu  dengan  agama dan   pemerintahan    dijalankan    berdasarkan    firman-firman    Tuhan Dengan demikian agama menguasai  masyarakat politis.
Dalam   praktik   kenegaraan,       terdapat   dua   macam   pengertian    negara theokrasi yaitu theokrasi  langsung dan negara theokrasi tidak langsung.


a.   Theokrasi  Langsung

Dalam   sistem   negara   theokrasi   langsung   kekuasaan    adalah   langsung merupakan  otoritas  Tuhan. Adanya  negara  di dunia  ini adalah  atas kehendak Tuhan  dan yang  memerintah   adalah  Tuhan.  Dalam  sejarah  Perang  Dunia  II, rakyat  Jepang  rela mati  berperang  demi Kaisarnya,  karena  menurut kepercayaannya    Kaisar  adalah  sebagai  anak  Tuhan.  Negara   Tibet  di  mana pernah terjadi perebutan  kekuasaan  antara Pancen Lama dan Dalai Lama adalah sebagai penjelmaan  otoritas Tuhan dalam negara dunia.
b.    Theokrasi Tidak Langsung
Negara  theokrasi   tidak  langsung  bukan  Tuhan  sendiri  yang  memerintah dalam negara,  melainkan  kepala  negara  atau raja, yang memiliki  otoritas  atas narna Tuhan.  Kepala  Negara   atau  Raja  memerintah   atas  kehendak   Tuhan, sehingga kekuasaan  dalam negara merupakan  suatu karunia dari Tuhan.
Dari uraian  tersebut  jelaslah  bahwa Negara  Pancasila  adalah  negara  yang melindungi   seluruh  agama  di  seluruh  wilayah  tumpah  darah.  Sebagaimana tersebut  dalam  Pasal  29 ayat  (2) UUD  1945 memberikan   kebebasan  kepada seluruh  warga negara  untuk memeluk  agama   dan menjalankan   ibadah  sesuai dengan keimanan dan ketakwaan masing-rnasing.  Negara kebangsaan  yang berketuhanan  yang Maha Esa adalah negara yang merupakan  penjelmaan  dari hakikat  kodrat  manusia  sebagai  individu  makhluk,  sosial  dan manusia  adalah pribadi dan makhluk Tuhan yang Maha Esa.



47



BAB IV
PENUTUP

Demikian makalah ini kami tulis, semoga bisa memberi manfaat dan dorongan untuk kita dalam mengembangkan wawasan mengenai pancasila sebagai Ideologi bangsa. Mohon maaf jika banyak kesalahan dalam penulisan. Terimakasih.


Sumber: http://ahmadnasher.staff.gunadarma.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar